Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Produk Pencuci Pakaian Bayi

Produk perawatan bayi tentunya berbeda dari orang dewasa. Ini karena bayi memiliki kinerja sistem tubuh yang masih belum berkembang dengan sepenuhnya. Untuk itu apakah produk detergen pencuci pakaian bayi juga menggunakan produk khusus? Berikut ini penjelasannya.

Alasan Perlu Tidaknya Menggunakan Produk Detergen Baju Khusus Bayi

Memilih produk detergen selama ini mungkin hanya perlu memerhatikan wangi dan kemampuannya mengangkat kotoran. Tidak terlalu sulit untuk memutuskan detergen yang akan dipakai untuk mencuci baju orang dewasa. Namun, apakah hal yang sama juga berlaku untuk mencuci baju bayi? Bayi cenderung memiliki sistem imun yang belum bekerja maksimal sehingga beberapa produsen detergen bayi bahkan menawarkan pencuci anti bakterial untuk baju bayi. Namun, apakah hal ini perlu?
Sebenarnya produk detergen rumah tangga biasa sudah cukup untuk membersihkan pakaian bayi. Namun, apabila bayi anda memiliki masalah pada kulit seperti kulit sensitif ataupun alergi tertentu, maka sebaiknya anda memilih produk detergen yang tidak mengandung zat pewangi berlebihan dan tidak berwarna. Detergen ini cenderung lebih aman untuk kulit bayi.

Beberapa gejala yang mungkin muncul dari ketidakcocokan detergen terhadap pakaian yang dicuci terhadap kulit bayi adalah:
  • Timbul bintik-bintik merah pada kulit
  • Eksim
  • Kulit mudah kering
  • Timbul rasa gatal-gatal

Jika bayi mengalami gejala seperti di atas pada kulitnya, mungkin saja bayi anda alergi terhadap detergen yang dipakai. Jika terjadi hal demikian, segera periksakan bayi anda ke dokter untuk penanganan.

Tips Mencuci Pakaian Bayi

Sebaiknya anda memakai produk pencuci khusus sebagai produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi, namun ada beberapa tips mencuci baju bayi yang harus anda terapkan untuk si kecil:
  1. Cuci baju yang kotor dengan merendamnya terlebih dahulu di air panas selama 10 sampai 15 menit.
  2. Tidak perlu memakai pewangi dan pelembut pakaian karena zat kimia di dalamnya dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi.
  3. Dijemur di bawah terik matahari langsung agar tidak lembab dan ditumbuhi jamur
  4. Memisahkan pakaian yang terkena kotoran dan baju lainnya
Semoga, berbagai ulasan di atas dapat membantu Anda saat akan mencuci pakaian buah hati.
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

Tidak ada komentar untuk "Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Produk Pencuci Pakaian Bayi"