Pengertian Promosi, Tujuan, Strategi, Teknik, Macam dan Sasaran Promosi

Pengertian promosi penjualan adalah kegiatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen sebagai usaha untuk memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian sesuai keinginan dan kebutuhannya.

Bagian penjualan atau pemasaran dari sebuah perusahaan akan mengembangkan promosi untuk menginformasikan mengenai produk mereka sehingga dapat memengaruhi konsumen untuk membelinya.

Pengertian Promosi, Tujuan, Strategi, Teknik, Macam dan Sasaran Promosi

Pengertian Promosi
Pengertian promosi sebagai suatu kegiatan komunikasi antara penjual dan konsumen dengan mengharapkan keuntungan yang besar dari apa yang mereka lakukan.

Promosi adalah strategi bisnis yang sangat ampuh dan ini terbukti dengan banyak nya waralaba di indonesia yang melakukan teknik ini.

Mungkin anda mengenal istilah promo JSM, promo akhir pekan atau diskon akhir tahun?

Ya, semua itu adalah bagian dari strategi penjualan dengan teknik promosi sehingga orang banyak yang belanja untuk berburu diskon.

Tujuan Promosi

Pengertian Promosi
Tujuan promosi mengakibatkan keinginan para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang dihasilkan. Oleh sebab itu, harus diusahakan cara memengaruhi berfikir konsumen supaya meyakinkan pembeli.

Adapun bahasa dalam promosi harus baik dan menarik sehingga memberi kesan bahwa pembeli tidak menghendaki produk yang lain selain dari barang atau jasa yang ditawarkan kepadanya.

Setiap promosi punya tujuan. tujuan promosi tersebut adalah memberikan informasi produk barang atau jasa kepada pasar, meningkatkan omzet penjualan sehingga pendapatan perusahaan meningkat, menstabilkan penjualan, memposisikan produk, dan membentuk citra produk barang atau jasa dan nama perusahaan di mata para konsumen, memperoleh konsumen baru dan menjaga kesetiaan dari konsumen.

Manfaat Promosi

Manfaat promosi bagi suatu perusahaan retail atau bisnis lainnya adalah sebagai berikut:
  1. Mengetahui produk barang atau jasa yang diinginkan konsumen,
  2. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan produk,
  3. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga ke tangan konsumen,
  4. mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasar,
  5. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen,
  6. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasi hal tersebut dan menciptakan image produk

Dalam melakukan promosi, seorang marketer dapat memilih sarana yang dianggap sesuai untuk mempromosikan barang atau jasa mereka.

Faktor promosi yang harus diperhatikan

Bagian pemasaran atau marketing ketika akan melakukan promosi harus memperhatikan beberapa faktor.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah:
  1. Mengidentifikasi terlebih dahulu target Audiens-nya. Hal ini berhubungan dengan segmentasi pasar,
  2. Menentukan tujuan promosi, apakah untuk menginformasikan, memengaruhi atau untuk mengingatkan,
  3. Pengembangan pesan yang disampaikan, hal ini berhubungan dengan isi pesan (What to say), struktur pesan ( how to say it logically), gaya pesan ( creating a strong presence), dan sumber pesan ( who should develop it), dan
  4. Pemilihan bauran komunikasi, apakah itu personal communication atau nonpersonal communication.

Promosi penjualan merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan kegiatan yang menyatu dengan pemasaran.

Macam-macam teknik promosi

Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Sebuah peusahaan retail harus semakin kreatif dalam melakukan promosi barang atau produk yang mereka jual.

Hal ini mengingat bahwa perusahaan yang serupa juga melakukan teknik serupa dan jumlah perusahaan minimarket atau retail semakin banyak.

Bagian marketing harus mengetahui teknik-teknik promosi yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk atau barang yang mereka jual. Teknik promosi yang dapat dilakukan berupa Coupons ( Kupon). Price off-deals, Premium and advertising specialities, Contest and Sweepstakes ( Kontes dan Undian) dan Sampling and trial offers ( pemberian contoh produk).

Selain metode atau teknik promosi diatas, bagian marketing atau pemasaran juga dapat melakukan teknik atau strategi menggunakan public relation yaitu Publications (Publikasi), Event (Kegiatan) , News (Pemberitaan), Community Involvement (Kepedulian Kepada Masyarakat), Identity Media (Penggunaan Media Sebagai Identitas), Lobbying (memengaruhi), Social Investment (Investasi Sosial)

Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.

Ada empat jenis kegiatan promosi yaitu sebagai berikut:

  1. Advertising (Periklanan) yaitu solusi bentuk promosi nonpersonal dengan menggunakan berbagai media yang dilakukan untuk merangsang pembelian.
  2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) yaitu solusi bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
  3. Publisitas (Publicity) yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi atau berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
  4. Pemasaran Langsung (Direct Selling) yaitu solusi bentuk penjualan perorangan secara langsung yang bertujuan untuk memengaruhi konsumen agar melakukan pembelian.

Sasaran promosi penjualan

Supaya promosi efektif, maka sangat perlu sekali menentukan sasaran promosi. Seperti halnya promosi yang dilakukan oleh perusahaan retail yang ingin meningkatkan omzet penjualan maka selalu menggunakan promosi.

Adapun yang menjadi sasaran promosi adalah semua masyarakat umum. Masyarakat umum menentukan seberapa besar manfaat produk yang sedang dalam masa promosi.
sasaran promosi
Dalam penyelenggaraan promosi, hendaknya perusahaan retail mempertimbangkan yang akan menjadi sasaran dan pesaing.

Sasaran yang dapat dikenai kegiatan promosi adalah seluruh masyarakat umum agar mereka mau membeli produk, para pembeli produk dari perusahaan, para pemakai produk pada waktu sekarang, mereka yang berpotensi membeli produk, para langganan setia yang membeli produk., para distributor dan agen yang bersedia menjualkan produk, para pesaing dan pedagang besar atau kecil, pemerintah yang memerlukan produk diskon dari perusahaan, mereka yang punya kekuasaan dan dapat memerintah membelinya.

Kesimpulan

Pengertian promosi adalah suatu kegiatan komunikasi antara perusahaan dengan calon konsumen dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dari sisi konsumen, mereka juga diuntungkan dengan harga yang lebih murah dari harga normal, sementara dari sisi perusahaan mereka juga diuntungkan.

Keuntungan tersebut tergantung tujuan promosi yang ditetapkan oleh perusahaan, apakah untuk mengenalkan brand atau profit penjualan semata.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Promosi, Tujuan, Strategi, Teknik, Macam dan Sasaran Promosi
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Promosi, Tujuan, Strategi, Teknik, Macam dan Sasaran Promosi"