Pengertian Kreativitas: Pembahasan Lengkap

Pengertian Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan tentang sesuatu dalam cara yang baru dan tidak biasanya serta untuk mendapatkan solusi-solusi yang unik (Santrock, 2004).

Kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkan dalam pemecahan masalah.

Kreativitas meliputi baik ciri-ciri aptitude seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) dalam pemikiran.

Maupun, ciri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin tahu, senang mengajukan pertanyaan dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru (Wulan, 2004).
[caption id="attachment_3121" align="aligncenter" width="267"]pengertian kreativitas Via Pixabay[/caption]
Kreativitas didefinisikan pula sebagai kemampuan untuk menciptakan kemampuan yang baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah dan sistem masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya (Munandar, 1999)

Agar kreativitas dapat terwujud maka dibutuhkan adanya dorongan dari dalam diri individu (motivasi instrinsik) maupun dorongan dari lingkungan (motivasi ekstrinsik).

Motivasi instrinsik adalah kecenderungan atau dorongan pada seseorang untuk mewujudkan potensi dan dirinya, serta dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, juga dorongan untuk mengungkapkan dan mengaktifkan semua kapasitas seseorang.

Dorongan ini merupakan motivasi primer untuk kreativitas ketika individu membentuk hubungan-hubungan baru dengan lingkungannya dalam upaya menjadi diri sendiri sepenuhnya.

Dorongan ini ada pada setiap orang dan sifatnya internal namun membutuhkan kondisi yang tepat untuk diekspresikan. (Munandar, 1999)

Diatas adalah sekilas pandang dan sedikit kata pengantar tentang Pengertian Kreativitas.

Mungkin anda pernah mendengar istilah kreatif namun tidak mengetahui apa sebenarnya pengertian kreativitas tersebut. Kreativitas merupakan sebuah proses dari dalam individu itu sendiri.

Orang lebih cenderung memilih jadi kreatif dari pada jadi pintar karena pintar belum tentu kreatif akan tetapi seseorang yang kreatif pasti orang pintar.

Sebagai blogger, kita dituntut untuk kreatif dalam segala hal terutama dalam mengembangkan blog kita agar lebih banyak mendatangkan trafik.

Melalui tangan-tangan orang kreatiflah google selalu ramai dikunjungi. Ingat, kepintaran tidak serta merta mendatangkan kekayaan akan tetapi kreativitas adalah cara untuk menjadi kaya.

Demikian ulasan tentang pengertian kreativitas ini ditulis dan disampaikan dengan harapan dapat memberikan manfaat. Terima kasih
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

2 komentar untuk "Pengertian Kreativitas: Pembahasan Lengkap"

Posting Komentar