Jenis Jenis Website Yang Perlu Anda Tahu

Jenis Jenis Website Yang Perlu Anda Tahu - Pada materi sebelumnya telah dibahas tentang pengertian website menurut para ahli beserta perkembangannya.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang jenis jenis website yang umum kita temukan dalam jaringan internet.

Tujuan Penulisan


Pengguna internet kadang sulit membedakan jenis website yang dikunjunginya, mereka berasumsi bahwa semua website sama. Padahal, kalau diperhatikan ternyata banyak perbedaan yang mencolok.

jenis_jenis_website

Untuk meluruskan anggapan tersebut, mari kita simak jenis jenis website yang berkembang saat ini.

Jenis Jenis Website


Secara umum, ada tiga jenis yang saat ini berkembang dalam ranah internet saat ini yaitu website statis, dinamis dan interaktif.

Website Statis


Website statis bertujuan untuk tidak diperbaharui secara rutin. Konten yang terkandung dalam website statis ditulis secara manual melalui utilitas seperti notepad, adobe dreamweaver, microsoft fontpage atau perangkat lainnya sehingga diperlukan penguasaan utilitas tertentu ( tanpa menguasai HTML ).

Contoh website seperti ini adalah landing page untuk berjualan produk tertentu. Webiste statis tidak memungkinkan pengunjung berinteraksi secara langsung melainkan hanya dapat melihat isi website tersebut dan setelahnya biasanya diminta untuk subscribe ke alamat email atau membeli produk tertentu.

Website statis banyak digunakan oleh internet marketer untuk menjaring pelanggan via website.

Website Dinamis


Website dinamis merupakan kebalikan dari website statis, dimana konten yang terdapat di dalam website dinamis memungkinkan untuk diperbaharui secara berkala. Biasanya, website seperti ini ditulis menggunakan php dan MySQL dengan perintah tertentu seperti input data, get data dan lain sebagainya.

Contoh website dinamis adalah situs berita seperti kompas, detik, sindo dan situs berita lainnya. Isi atau konten yang terkandung hanya bisa diperbaharui oleh pemilik website tersebut atau juga oleh member yang biasanya diberi akses untuk menambahkan data dan informasi kedalam website.

Website Interaktif


Tergolong kedalam generasi web 2.0 dimana ciri khasnya ditemukan seperti komunikasi antar user. Website interaktif memungkinkan pengguna menambahkan data atau konten ke dalam website untuk kemudian ditanggapi dan dikomentari sehingga terbangun komunikasi dua arah antara pemilik website dengan pengguna, pengguna dengan pengguna.

Penggagas website jenis ini adalah friendster dimana pengguna dapat saling berinteraksi. Dari sinilah kemudian muncul istilah “Social Media” atau “Dunia Maya”.

Contoh website interaktif yang saat ini berkembang yaitu : facebook, twitter, instagram, google plus, dan youtube. Website jenis ini memungkinkan sesama pengguna dapat saling berinteraksi.

Contoh lain dari website interaktif adalah blog seperti https://www.jadwalkapalpelni.com dimana pemilik blog dapat berinteraksi dengan pengunjung atau pengguna.

Kesimpulan


Bagaimana? Setelah anda membaca artikel ini sedikitnya akan memahami perbedaan website yang saat ini berkembang. Secara umum ada 3 jenis website yang berkembang saat ini yaitu Website statis, dinamis dan interaktif.

Jenis jenis website yang ada sekarang merupakan pengembangan dari generasi ke generasi yang akan terus diperbaharui oleh pakar internet. Selanjutnya kita akan membahas Pengertian Web Pages. Kurang Jelas? Tanya di Kolom Komentar.
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

Tidak ada komentar untuk "Jenis Jenis Website Yang Perlu Anda Tahu"