Macam-Macam Sejarah Berdasarkan Waktu, Wilayah dan Tujuan

Macam-Macam Sejarah Berdasarkan Waktu, Wilayah dan Tujuan - Sejarah merupakan ilmu dan sebuah studi tentang masa lampau. Sejarah mempelajari hubungan manusia dengan alam atau hubungan alam dengan manusia dan mempelajari bagaimana manusia bersikap terhadap alam sehingga sejarah dapat dibedakan berdasarkan jenis atau macamnya, geologis dan geografisnya serta tujuannya.

Macam-macam sejarah dapat ditinjau menurut jenis, wilayah, waktu dan tujuannya dan dalam pembahasan kali ini akan diberitahukan informasi tentang macam-macam sejarah.
macam-macam sejarah
Pada pembahasan lain telah disampaikan pengertian sejarah secara lengkap dan artikel ini merupakan artikel lanjutan dari artikel kami yang lain.

Macam-macam Sejarah Menurut Ahli


Sejarah Berdasarkan Waktunya


Macam-macam sejarah yang pertama adalah sejarah berdasarkan waktunya dibagi menjadi 3 yaitu: [icon name="long-arrow-right" class="" unprefixed_class=""] Sejarah Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Depan.

Sejarah Masa Lalu


Yang dimaksud dengan sejarah masa lalu adalah sejarah yang terjadi di masa lalu baik yang diketahui atau yang tidak diketahui. Kadang kala orang menilai sejarah masa lalu adalah sebuah legenda atau mitos yang dituturkan secara turun temurun.

Sejarah merupakan disiplin keilmuan sehingga harus dibuktikan maka sejarah masa lalu juga perlu bukti tertulis seperti benda bersejarah, prasasti atau catatan pelaku sejarah pada waktu itu.

Sejarah Masa Kini


Pengertian Sejarah Masa Kini adalah sejarah yang terjadi pada masa kini dan benar-benar diketahui dan disertai dengan bukti-bukti yang kuat.

Sejarah Masa Depan


Yang dimaksud dengan sejarah masa depan adalah peristiwa yang terjadi pada saat ini dan ada usaha untuk menyajikannya. Jika tidak ada usaha untuk menyajikannya maka tidak disebut sebagai sejarah.

Sejarah Berdasarkan Jenisnya


Sejarah menurut jenisnya adalah macam-macam sejarah yang didasarkan pada bidang kajiannya seperti sejarah kebudayaan, sejarah perang, sejarah gunung meletus.

Sejarah Menurut Isinya


Macam-macam sejarah yang ketiga adalah sejarah menurut isinya yang terbagi kedalam tiga macam sejarah yaitu : Sejarah Palsu, Sejarah Asli dan Sejarah Rekayasa.

Sejarah Palsu


Sejarah palsu adalah sejarah yang tidak ada dan diada-adakan dengan tujuan tertentu. Artinya, sesuatu yang tidak ada dibuat seolah-olah ada.

Contoh sejarah palsu adalah pengakuan seseorang sebagai nabi dan mengklaim dirinya menerima wahyu. Bagi orang beriman wahyu hanya diberikan kepada malaikat jibril untuk kemudian disampaikan kepada nabi Muhammad SAW maka ketika ada orang yang mengatakan dirinya menerima wahyu maka itu adalah palsu.

Sejarah Rekayasa


Sejarah rekayasa merupakan sejarah campuran antara yang asli dan yang palsu. Sejarah rekayasa adalah sesuatu yang benar-benar terjadi namun dengan sebab-sebab tertentu diubah baik dari segi sudut pandang, kronologis, etimologis dan sisinya.

Sejarah Berdasarkan Tujuannya


Macam-macam sejarah yang selanjutnya adalah sejarah berdasarkan tujuannya yang terbagi kedalam 3 macam yaitu Sejarah warisan, sejarah ideologi dan sejarah ilmiah.

Sejarah Warisan


Tujuan utama dari sejarah warisan adalah sebagai motivator atau penyemangat atau sekedar ingin menampilkan eksistensi orang tertentu atau pahlawan tertentu.

Sejarah Ilmiah


Sejarah ini ditulis dan dikaji dari sisi akademis. Tidak semua sejarah dapat dibuktikan maka sisi akademis penting dalam hal ini sebagai suatu tradisi.

Sejarah Ideologi


Sejarah ini ditulis dengan mengindahkan metodologi atau validitasnya. Tujuan utama dari sejarah ideologi adalah menanamkan pemahaman contoh dalam cerita pewayangan dikenal dengan istilah layang jamus kali musadha atau dalam negara kita dikenal dengan istilah Pancasila.

Sejarah Berdasarkan Wilayahnya


Terbagi kedalam 3 macam sejarah yaitu sejarah lokal, sejarah lokal dan sejarah global.

Sejarah Lokal


Sejarah lokal hanya menggambarkan sejarah dalam ruang lingkup regional tertentu. Contoh Sejarah Banten, Sejarah Salakanagara.

Sejarah Nasional


Sejarah lokal atau regional bisa disebut juga sejarah nasional apabila mempunyai pengaruh yang luas. Contoh sejarah lokal yang berpengaruh secara nasional adalah sejarah perang Surabaya atau arek-arek Suroboyo.

Pengertian sejarah nasional adalah sebuah peristiwa yang mempunyai pengaruh besar dalam cakupan nasional. Contoh sejarah nasional adalah pembacaan teks proklamasi, sumpah pemuda.

Sejarah Global


Sejarah global adalah sejarah yang berpengaruh luas dan mempengaruhi perkembangan dunia. Sejarah global mempunyai pengaruh yang besar yang mengubah peradaban dunia. Contoh sejarah global adalah sejarah revolusi industri di inggris.

Sejarah Berdasarkan Penutur


Sejarah berdasarkan penuturnya adalah sejarah yang ditulis sesuai dengan keinginan seseorang atau organisasi tertentu. Sejarah ini dibagi kedalam 3 macam yaitu sejarah penguasa, pecundang dan sejarah yang kalah.

Kesimpulan


Macam-Macam Sejarah terbagi kedalam beberapa bagian yaitu menurut waktu, penyajian, aktor, geografis atau wilayah dan sejarah berdasarkan isinya.

Demikian artikel tentang Macam-Macam Sejarah ini ditulis dan dikutip dari berbagai sumber.

Sumber tulisan: Wikipedia bahasa Indonesia.
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

Tidak ada komentar untuk "Macam-Macam Sejarah Berdasarkan Waktu, Wilayah dan Tujuan"