Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Cara menghilangkan bekas luka adalah tips yang yang banyak ditanyakan orang. Apabila kita mengalami kejadian yang menyebabkan bagian dari tubuh kita terluka, baik itu karena jatuh, tersayat benda tajam, tersentuh knalpot atau tergores maka pasti meninggalkan bekas yang tidak mudah untuk kita hilangkan.

Hal itu terjadi karena setelah bagian tubuh kita terluka maka di bagian tersebut akan muncul keloid. Keloid adalah jaringan kulit tambahan yang tumbuh di bekas luka.

cara menghilangkan bekas luka

Keloid merupakan bekas luka hipertrofik. Keloid pada umunya warnanya merah muda sampai coklat tua. Keloid sifatnya tidak menular dan tidak berbahaya, hanya saja tampaknya mengganggu dan rasanya bisa agak gatal.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami


Pernahkah Anda terpikirkan bahwa bahan-bahan disekitar rumah Anda bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Apa lagi bekas luka tersebut sudah lama dan menghitam.

Dari pada Anda sibuk dengan perawatan medis yang tentu mahal harganya, tidak ada salahnya mencoba beberapa bahan alami.

Berikut ini beberapa tips cara meghilangkan bekas luka secara alami :


Beras


Beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Tidak ketemu beras satu hari saja rasanya lemas banget. Tapi, Tahukah anda bahwa beras dapat menghilangkan bekas luka?

Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan beras:


  1. Rendam beras biasa sebanyak setengah ons selama 15 menit.
  2. Angkat lalu tumbuk bersama setengah ons kencur.
  3. Setelah hancur merata oleskan ke bekas luka kita setiap hari selama dua minggu.


Madu


Madu dikenal sebagai makanan yang tidak akan pernah basi. Di mesir, madu disimpan bersama jenazah firaun. Madu adalah anugerah tuhan yang maha esa yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan kesehatan.
manfaat madu untuk kesehatan
Selain kayak akan nutrisi, madu juga bermanfaat menghilangkan bekas luka. Berikut adalah cara menghilangkan bekas luka dengan madu:



  1. Oleskan madu lebah begitu luka tersebut terjadi.
  2. Luka akan cepat kering serta bekas lukanya dengan pemberian madu lebah tersebut secara rutin maka akan hilang.


Arang


Jangan anggap remeh manfaat arang untuk kesehatan. Arang bukan saja sebagai pemasak sate atau obat pencuci perut. Arang adalah residu hitam hasil pembakaran dengan kandungan karbon.
cara menghilangkan bekas luka dengan arang
Arang juga dapat menghilangkan bekas luka. Berikut adalah cara menghilangkan bekas luka menggunakan arang.



Haluskan arang lalu oleskan pada daerah luka. Arang berfungsi menyerap semua zat yang ada disekitarnya. Dengan begitu, kuman-kuman yang masuk ke luka anda menjadi terserap dan tidak akan menimbulkan bekas.



>h3>Teh celup
Teh celup sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka secara alami. Selain sebagai minuman favorit di pagi hari, teh celup dapat menjadi obat.
cara menghilangkan bekas luka dengan teh celup


Buatlah sajian teh celup di malam hari lalu diamkan dengan catatan jangan di beri gula. Pada pagi harinya itu dioleskan saja ke kulit kamu. Kemudian, gosok-gosoklah dan lakukan itu secara rutin hingga bekasnya menghilang.



Daun kapuk randu


caranya ambil beberapa lembar lalu cuci bersih. Bersihkan area luka yang membekas tersebut dengan air hangat dan sabun antiseptik.
cara menghilangkan bekas luka dengan daun kapuk
Caranya gosokan daun kapuk pada kulit yang membekas.

Silahkan lakukan 2 kali sehari. Atau bisa juga dengan cara menumbuk daun tersebut sampai halus dan mengoleskan di bagian bekas luka tersebut.

Catatan: Hentikan pemakaian bila kulit terasa gatal.

Telur ayam kampung


Sepertinya kalau jadi telur dadar enak juga. Akan tetapi sekarang tidak dibahas bagaimana membuat telur dadar yang enak.

Memanfaatkan telur untuk kesehatan adalah dengan cara memasukannya ke dalam jamu.

Dan bagaimana cara menghilangkan bekas luka dengan telur ayam kampung? Berikut adalah langkah-langkahnya:



  1. Telur ayam kampung ambil bagian putihnya saja.


  2. Tambahkan madu dan aduk hingga rata.


  3. Oleskan pada bagian bekas luka tersebut secara rutin.


cara menghilangkan bekas luka dengan telur ayam kampung
Ramuan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek pada wajah.

Cara menghilangkan bekas luka bakar


Cara menghilangkan bekas luka bakar bisa dilakukan dengan cara yang efektif dan alami. Luka bakar merupakan jenis luka yang merupakan kerusakan jaringan yang diakibatkan sumber panas ataupun suhu yang tinggi seperti terkena api, alat masak yang masih panas, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan friksi.
cara menghilangkan bekas luka bakar
Jenis luka dapat beraneka ragam dan memiliki penanganan yang berbeda tergantung jenis jaringan yang terkena luka bakar, tingkat keparahan, dan komplikasi yang terjadi akibat luka tersebut.

Jangan meremehkan luka bakar, dikarenakan luka bakar dapat merusak jaringan otot, tulang, pembuluh darah dan jaringan epidermal yang mengakibatkan kerusakan yang berada di akhir sistem persarafan.

Bila anda mengalami luka bakar pada umumnya mengalami berbagai macam komplikasi yang fatal termasuk diantaranya kondisi shock, infeksi, ketidak seimbangan elektrolit (inbalance elektrolit) dan masalah distress pernapasan.

Selain komplikasi yang berbentuk fisik, luka bakar dapat juga menyebabkan distress emosional (trauma) dan psikologis yang berat dikarenakan cacat akibat luka bakar dan bekas luka.

Untuk mengatasi luka bakar diperlukan bahan-bahan yang mengandung banyak kolagen. Sebenarnya kulit kita mempunyai senyawa kolagen.

Senyawa itu terbentuk dari jaringan serabut elastin dan serabut kolagen. Keduanya berfungsi dan berperan membuat keras serta kencang lapisan kulit bagian atas. Selain itu, kolagen juga menyumpal bagian permukaan kulit yang tak merata, termasuk keriput serta kulit bekas jerawat.

Obat luka bakar sebenarnya sudah disediakan oleh alam kita ini. Hanya saja kita harus banyak melakukan penelitian dan uji coba terhadap efektifitasnya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Salah satu diantara obat luka bakar adalah lidah buaya. Tanaman satu ini memang banyak manfaat yang bisa kita ambil darinya.

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami diantaranya :

Bersihkan luka dengan air. Kompres luka dengan sesuatu yang dingin, es batu atau air dingin. Gunakan lidah buaya sebagai alternatif pengobatan. Kandungan zat kimia dalam cairan lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk membunuh bakteri sehingga infeksi dapat terhindarkan.

Terus gunakan lidah buaya ini meskipun luka sudah mengering karena bisa menghilangkan bekas luka bakarnya.

Selain itu juga bisa dengan memberikan pasta gigi pada daerah luka. Sifat pasta gigi yang dingin dan melawan bakteri merupakan alasan utama digunakannya pasta gigi sebagai obat luka bakar. Air dingin dan antiseptik adalah cara lain yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan.

Cara ini memang relatif lebih lama tapi bisa di coba untuk menghindari efek yang lebih serius pada luka bakar anda.

Perawatan Bekas Luka



Cara menghilangkan bekas luka dan perawatannya adalah dengan memperhatikan bagaimana perawatan pada saat terjadinya luka dan juga perawatan setelahnya.

Kadang kita care terhadap luka kita pada saat jatuh, tersayat, terpukul atau tergores kemudian terluka, setelah itu kita tidak memperhatikan tindakan yang benar dalam perawatanya.Luka merupakan suatu peristiwa dimana terjadi kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh yang diakibatkan suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi.

Luka tidak menular tetapi hampir semua orang pernah merasakan luka, hal itu karena banyaknya penyebab terjadinya luka.

Pertolongan pertama pada luka adalah hal yang sangat penting tapi perawatan luka setelahnya juga suatu hal yang harus kita perhatikan. Hal ini berkaitan dengan cepat atau lamanya luka tersebut bisa disembuhkan.

Dengan memperhatikan karakteristik dari luka itu sendiri kita bisa melakukan tindakan yang direkomendasikan untuk kesembuhan luka.

Berikut ini Cara menghilangkan bekas luka dan perawatannya yang bisa kita terapkan :

Segera bersihkan luka pada saat terjadi dengan air bersih. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan kotoran dan bakteri yang mampir di luka tersebut. Apabila luka jatuh ditempat yang kotor sehingga luka berlumur tanah.

Dianjurkan tidak menggunakan antiseptik karena bisa merusak kulit dan membuat luka lebih lama.

Apabila darah mengucur terus segera lakukan tindakan penghentian perdarahan. Luka yang memerlukan tindakan ini adalah luka yang terjadi pada urat darah baik nadi yang tandanya terlihat semprotan atau semburan darah ataupun vena, yang umumnya darahnya mengalir terus.

Bila dibiarkan maka korban akan syok. Keadaan seperti ini bisa ditangani dengan berbagai cara seperti menekan bagian yang luka, meninggikan bagian yang luka dari jantung; menekan urat darah besar yang mendarahi daerah luka, bebat di proksimal atau di bagian yang lebih dekat ke jantung.

Tutuplah luka untuk menghindari terkena kotoran atau tergesek dg benda lain dengan kasa atau kain bersih tapi jangan dengan kapas. Kasa dan kain bersih menghisap air hingga kotoran luka terangkat tetapi kapas sebaliknya.

Ia tidak menghisap air hingga kotoran luka bertumpuk diatas luka. Luka bersih yang dirawat dengan benar sebetulnya tidak memerlukan antibiotika kecuali apabila terjadi akibat tusukan benda tajam yang kotor atau berkarat seperti paku dan gigitan binatang termasuk manusia, maka dibutuhkan suntikan anti tetanus.

Demikian artikel cara menghilangkan bekas luka serta perawatan setelahnya ini saya tulis dikutip dari berbagai sumber.
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami"