Cara Membuat Blog di WordPress

Banyak orang yang bertanya tentang cara membuat blog di WordPress dan ada juga yang bertanya cara membuat blog di blogger atau blogspot.

Membuat blog di WordPress atau pun di blogger akan terasa sangat sulit bagi pemula.....

Seseorang yang ingin dan akan membuat blog biasanya akan mencari informasi yang tepat dari mana mereka harus memulai dan bagaimana caranya.

Dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan secara rinci dan jelas bagaimana cara membuat blog di WordPress dan bagaimana proses membuat blog itu sampai pada tahap menerbitkan artikel pertama kali..

Bagi anda yang ingin membuat blog menggunakan platform blogger, saya sudah membuat ulasannya dalam artikel yang berjudul cara membuat blog lengkap dari amatir sampai mahir. Silahkan baca-baca disana jika anda ingin juga belajar membuat blog pake platform blogger.

Tidak cukup pada tahap membuat blog saja, harus ada yang diperhatikan ketika anda memutuskan untuk membuat blog..


  1. Pertama, Untuk apa blog itu dibuat


  2. Kedua, Untuk siapa blog itu dibuat


  3. Ketiga, Tema atau Niche apa yang akan ditulis



Perlu saya tekankan sekali lagi bahwa panduan ini khusus dibuat bagi mereka yang ingin mengetahui cara membuat blog di wordpress bagi pemula, yang sudah mastah silahkan nyimak

Untuk apa blog itu dibuat



Ketika seseorang memutuskan untuk membuat blog, maka ada tujuan yang hendak dicapai. Tujuan tersebut tergantung kepada maksud si pembuat.

Ada dua kategori yang termasuk ke dalam untuk apa blog itu dibuat. Kategori pertama adalah untuk diri sendiri dan kategori yang kedua adalah untuk orang lain.

Kategori pertama, seseorang membuat blog hanya sebatas menyalurkan hobi atau bakat menulis saja dan ada juga yang membuat blog bertujuan untuk mengabadikan momen dalam hidupnya seperti pernikahan, wisuda dan lain sebaginya.

Kategori yang kedua adalah untuk orang lain. Ini artinya, tujuan seseorang membuat blog adalah untuk orang lain baca atau kunjungi. Biasanya kategori blog seperti ini adalah blog yang di monetize.

Selama ini saya memperhatikan beberapa blog yang sudah out date atau tidak pernah update dan ada pula blog yang selalu update.

Untuk siapa blog itu dibuat



Sebenarnya ini masih ada kaitannya dengan untuk apa blog itu dibuat namun berbeda dari segi penekanannya. Perbedaan dimaksud terletak pada subjek dan objeknya.

Ketika anda membuat sebuah blog, orang-orang bertanya. untuk apa blog tersebut? untuk siapa blog tersebut? kenapa anda membuat blog?

Sangat rumit jika harus dipertegas....

Niche apa yang akan ditulis



Saat masih usia sekolah dan bersekolah, guru memberi saya tugas mengarang. Tugas pelajaran bahasa indonesia tentunya. Dalam membuat tugas karangan tersebut, guru memberikan suatu tema yang harus dibahas, setelah itu saya disuruh membuat judul dari tema tersebut.

Begitu juga dalam kegiatan blogging, niche atau tema blog sedini mungkin harus ditentukan...

Jika anda melihat blog saya, anda akan dapat menentukan bahwa niche blog saya adalah semuanya ada dan bahasa kerennya blog gado-gado....

Niche gado-gado adalah niche website yang kurang potensial karena tidak termasuk dalam kategori AdWords. Google akan kebingungan tentang niche spesifik blog saya....

..... Buatlah niche spesifik untuk blog anda dan panduannya anda bisa dapatkan dalam tulisan saya cara memilih niche blog

Saya juga menyarankan beberapa teknik menulis yang baik untuk blog.


  1. Pahami pengertian hakikat dan makna menulis


  2. Tips terbaik menulis artikel berkualitas untuk blog

  3. Tips terbaik menulis artikel berkualitas untuk Website


  4. 100 Cara menulis artikel SEO Friendly

  5. Mahir berbahasa dan menulis




Jika sudah.. intip tips yang akan saya berikan dibawah ini bagaimana cara membuat blog di wordpress

Begini cara membuat blog di wordpress yang benar



Wordpress adalah platform blogging yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh banyak blogger professional. Untuk alasan kenapa banyak digunakan silahkan cari saja....

Yang jelas, alasan utama saya adalah karena eassy to operate dan oleh sebab itu saya migrasi dari blogger ke WordPress

Selain mudah digunakan, keunggulan WordPress yang lain adalah adanya plugin yang membantu kita mempermudah mengoperasikannya.

Salah satu plugin yang paling saya sukai adalah Plugin WordPress untuk AdSense

Mana yang lebih baik dari kedua platform tersebut?

Saya tidak ingin membandingkan antara platform blogger dengan wordpress. semua sesuai selera masing-masing..

Pilih WordPress.com atau WordPress.org



Sebagai pengenalan saja, ada dua type WordPress yang bisa anda pilih yaitu free hosting wordpress dan wordpress self hosted..

Free hosting wordpress adalah hosting gratis yang disediakan oleh wordpress dan anda terikat oleh aturan atau ketentuan penggunaan.

Apa saja kebijakan penggunaan dimaksud?


  • Tidak bisa TLD ( Top Level Domain ), anda hanya diperkenankan memakai subdomain wordpress.com. Contoh : https://membuatblogdiwordpress.wordpress.com


  • Kapasitas terbatas, anda hanya diperbolehkan menggunakan kapasitas hosting sebesar 3Gb saja.


  • Rela dipasangi iklan otomatis milik wordpress. Anda pake, munculkan iklan saya, itulah yang dikatakan wordpress kepada anda.



WP Self Hosted adalah hosting berbayar, untuk dapat menggunakan wordpress dengan WordPress Self Hosted ada harus merogoh kocek anda.

Anda dapat memilih paket hosting yang sesuai dengan kantong anda atau sesuaikan dengan kebutuhan website anda.

Silahkan baca tips powerful yang saya ulas dalam artikel Tips Memilih Hosting

Anda sudah memutuskan memilih hosting gratis atau yang berbayar. Sekarang mari kita simak cara membuat blog di wordpress yang berbayar dan wordpress yang gratisan

Cara Membuat Blog di Wordpress Gratisan



Membuat blog di wordpress versi ini saya sarankan khusus bagi anda yang ingin belajar membuat blog. Anda dapat memakai wordpress versi ini sebagai bahan praktik.

Berikut langkah-langkahnya...

Cara Daftar WordPress



Pertama anda harus mendaftarkan diri menjadi anggota wordpress.com, ingat ini bukan anggota organisasi yang dilarang NKRI. Silahkan menuju https://wordpress.com atau bisa langsung DAFTAR DISINI dan selanjutnya anda akan melihat gambar dibawah ini ...

cara_daftar_wordpress

Memilih URL Blog



Setelah melewati tahap satu diatas, tahap selanjutnya adalah memilih dan menentukan URL untuk blog. Ingat, URL inilah yang akan menjadi alamat blog anda.

Banyak pakar yang mengatakan bahwa KID lebih bagus untuk SEO blog. Tahukah kamu apa itu KID? KID adalah Keyword In Domain...

Untuk memahami keyword, baca ulasan tentang keyword : Cara Riset Keyword dan Perlukah Riset Keyword?

..... pilih URL yang tepat
cara membuat blog di wordpress

Menentukan Paket Wordpress.com



Setelah melewati tahap dua diatas, anda akan dihadapkan pada pilihan paket yang disediakan oleh pihak wordpress.com, kalo anda punya budget silahkan pilih paket yang berbayar. Jika masih dalam tahap belajar, silahkan pilih paket free saja.
cara membuat blog pada wordpress

Cara Membuat Blog di Wordpress Self Hosted



Sebenarnya untuk membuat blog dengan menggunakan platform wordpress self hosted bukanlah untuk pemula yang ingin belajar cara membuat blog.

Wordpress Self hosted untuk tingkat medium sampai expert. Jadi, saran saya khusus untuk pemula lebih baik pake blogger atau wordpress versi free saja.

Namun, itu tidak berarti saya akan berhenti sampai pada tahap cara membuat blog di wordpress versi gratis saja.

Pada artikel ini saya juga akan mengulas bagaimana cara membuat blog di wordpress self hosted..

Ada empat tahapan awal yang harus anda lewati jika anda ingin membuat blog di wordpress self hosted :


  1. Memilih Domain


  2. Memilih Paket Hosting


  3. Menginstall Wordpress Self Hosted


  4. Memilih Theme



Tahapan diatas baru tahap awal saja, untuk tahap kedua akan saya bahas dilain waktu..

Memilih Domain untuk Blog Anda



Memilih domain atau nama domain sangat penting untuk SEO langkah awal dan cukup menentukan masa depan blog anda. Pemilihan nama domain yang salah akan cukup menyulitkan anda.

Beberapa pakar berbeda pendapat dalam menentukan domain. Ada sebagian yang berpendapat bahwa domain harus mengandung Keyword dan ada juga yang berpendapat bahwa domain harus unik dan mudah diingat. Domain yang unik dan mudah diingat disebut domain branded.

Pemilihan nama domain harus tepat, banyak yang menyarankan memakai domain branded. Domain branded berarti bahwa domain tersebut adalah merk dagang anda

Memilih Hosting



Dalam memilih hosting tidak boleh sembarangan. Jika anda salah dalam memilih hosting maka akan berdampak pada performa blog anda.

Selama ini saya menggunakan jasa dari penyedia hosting yang terpercaya dan menurut saya mempunyai pelayanan yang baik.

Jika tidak ingin salah memilih hosting, silahkan baca Tips Memilih Hosting dan akan memandu anda memahami hosting mana yang patut anda pilih..

atau anda bisa langsung memilih paket domain dan hosting yang sudah saya sediakan didalam tabel dibawah ini :
[table id=10 /]

Menginstall Wordpress di CPanel



Setelah anda selesai membeli domain dan paket hosting, tahap selanjutnya adalah menginstall wordpress di cpanel.

Berikut langkah - langkah cara install wordpress di Cpanel

Caranya cukup mudah. Silahkan login ke Cpanel anda..
membuat blog wordpress

Selanjutnya silahkan pilih Sofcolous Apps Installer... Lihat Gambar !
cara membuat blog di wordpress self hosted

Selanjutnya Pilih Wordpress dan Install...
cara install wordpress di cpanel

Cara Install Wordpress di CPanel Lengkap


Setelah anda melewati tahapan diatas, langkah yang paling penting adalah cara install wordpress di cpanel.

#Software Setup

cara install wordpress di cpanel 2

Keterangan Gambar diatas :


  1. Memilih Protokol, Silahkan anda memilih protokol website anda. anda bisa memilih http:// atau http://www. atau jika anda sudah mempunyai Sertifikat SSL silahkan pilih protokol https:// atau https://www.


  2. Silahkan pilih domain anda


  3. Biarkan kosong saja. tapi jika ingin mengisinya dengan kata tertentu silahkan isi saja



#Site Setting

Pada bagian ini anda akan diperintahkan untuk mengatur website anda yaitu Nama Website dan Deskripsi
cara install wordpress di cpanel 3

Gambar sudah jelas, jadi tidak dibutuhkan keterangan lagi... klik gambar untuk memperbesar...

#Admin Akun
Silahkan isi username dan password yang anda inginkan... buat password sampai hijau ya... kemudian pilih email sesuai alamat email agan..

#Extra dan Donecara install wordpress di cpanel 4

Untuk yang lainnya sampai kebawah biarkan tetap kosong, terakhir pilih theme dan klik install, tunggu samapi selesai...

Memilih Theme



Langkah terakhir cara membuat blog di wordpress self hosted adalah memilih theme wordpress yang cocok dengan selera anda. Theme default saat pertama kali install wordpress biasanya theme twenty - twenty an lah pokoknya...

Anda bisa mengganti theme sesuka hati anda. Anda bisa pilih langsung di wordpress atau upload theme buatan anda sendiri.

Oh ya, dalam hal memilih theme yang cocok untuk blog atau webiste sudah saya bahas dalam artikel yang berjudul Cara Daftar AdSense. Silahkan pelajari disana..

Video Panduan Cara Membuat Blog di Wordpress



Nah, agar memudahkan anda mengetahui cara membuat blog di wordpress, berikut adalah video cara membuat blog di wordpress dari WPBeginner.com

https://youtu.be/qgqK-I3mHuM

AKhirnya saya mengucapkan terima kasih yang segede - gedenya. Artikel tentang Cara Membuat Blog di Wordpress ini akhirnya selesai saya tulis. Harapan saya semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda. Terima Kasih
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

2 komentar untuk "Cara Membuat Blog di WordPress"

  1. […] contoh, saya menemukan sebuah artikel yang membahas tentang Hosting WordPress yaitu CARA MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS dan dalam artikel tersebut begitu murni mengalir dan pada akhirnya mengajak pembaca untuk membeli […]

    BalasHapus
  2. Terimaksih tutorial yang sudah di bagikan min :)

    BalasHapus

Posting Komentar