Tips Memilih Hosting Yang Kredibel

Sebagai pemilik blog saya sangat selektif dalam memilih hosting untuk blog saya. Untuk itu saya akan sedikit memberikan tips memilih hosting untuk anda.

Tips memilih hosting yang saya sampaikan merupakan pengalaman pribadi saya dan semoga dengan membagikan pengalaman ini akan bermanfaat bagi anda.

Sebelum saya menggunakan wordpress self hosted yang merupakan layanan hosting berbayar, saya juga pernah menggunakan free hosting blogger.

Kalau kita membandingkan antara free hosting dengan paid hosting, tentu yang lebih unggul adalah yang berbayar.

Anda pasti tahu maksud saya. Namanya juga gratis, pasti ada yang terbatas meski tak selamanya yang berbayar juga tanpa batas.

Apa itu Hosting?

Anda tahu tanah? itulah hosting.  Anda masih belum faham? Baiklah, saya akan sedikit mengulas apa itu hosting.
Hosting merupakan suatu tempat untuk menyimpan data. Dalam bentuk tulisan, gambar atau video yang nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang dinamakan website. Ibarat kapling yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal. Domainesia

Atau anda masih belum faham juga, silahkan baca Pengertian Domain dan Hosting atau anda juga ingin mengetahui sejarahnya silahkan baca Sejarah Domain dan Hosting

Saya orang yang selektif terhadap suatu hal. tidak dalam kehidupan nyata, dalam dunia maya pun saya selalu selektif dalam memilih dan menentukan sesuatu.

Kenapa? Kalau penyesalan ada di belakang untuk apa kita diberikan pilihan. Kita dibekali akal dan fikiran untuk mampu membedakan antara yang baik dan yang buruk, antara yang benar dan yang salah.

Anda dibekali akal untuk mampu menganalisa suatu KEBENARAN atau RASIONAL istilah kerennya.

Ketika anda ditawari suatu yang TIDAK MASUK AKAL, lantas apakah anda akan memilihnya?

Inilah tujuan saya dalam menyampaikan tips memilih hosting ini agar anda tidak terjebak dalam kebimbangan dan terjebak oleh bujuk rayu yang manis.

Apakah saya merayu anda ? anggap saja YA tapi TIDAK MENJEBAK anda dan sekali lagi saya tekankan bahwa ini adalah pengalaman saya dalam memakai jasa hosting.

Baiklah, langsung saja saya akan memberikan beberapa tips dalam memilih hosting untuk anda.

Tips Memilih Hosting ala The Crazy Perfect

Fokus dan fokus adalah saran saya untuk anda ketika anda membaca artikel ini. Jangan sampai ada yang terlewat karena anda bisa saja salah menafsirkan maksud saya.

Profil Perusahaan

Cobalah googling dan bandingkan beberapa perusahaan penyedia jasa hosting. Karena menurut data yang saya kumpulkan, di Indonesia ada lebih dari 50 perusahaan hosting. ini tentu saja membingungkan anda untuk memilih mana yang cocok untuk anda.
Hosting Unlimited Indonesia
Sebelum anda memilih hosting, maka company profile yang harus pertama anda perhatikan dan ini merupakan penentu keberlangsungan website anda.

Jangan sampai ditengah jalan website anda macet dan yang lebih parah hilang karena perusahaan yang anda pilih mengalami kegagalan dalam mengelola perusahaannya.

Bagaimana cara mengetahui company profilenya?
Sangat mudah, bahkan terlalu mudah untuk kita mengetahui company profile suatu penyedia jasa hosting. Itu jika perusahaan tersebut adalah perusahaan besar yang sangat kredibel dan kompeten dibidangnya.

Kalau seandainya anda tidak menemukan company profile perusahaan tersebut? Jangan dipilih, itu saran saya. Cari dan temukan laman Hubungi Kami atau Tentang Kami.

Dalam laman hubungi kami biasanya mereka menyediakan nomor kontak, alamat email, alamat lengkap perusahaan, akun sosial media dan sebagainya.

Dan anda juga bisa langsung berbicara dengan CS nya secara langsung. Jika Customer Service lama menjawab mungkin sedang melayani banyak keluhan atau mungkin sedang nonton TV karena tidak ada yang dilayani.

Atau mungkin mereka cepat mersepons anda. Ini sebagai tanda dia tidak ada pekerjaan atau mungkin juga jumlah customer service nya banyak.

Dalam laman tentang kami biasanya mereka memberikan informasi tentang sejarah perusahaan mereka, jumlah pegawai, penghargaan yang pernah diraih, atau klien yang mereka layani.

Tips tambahan untuk anda, lihat beberapa ulasan atau review oleh klien pada perusahaan tersebut.

Layanan Yang Ditawarkan

Pada umumnya, setiap perusahaan penyedia jasa hosting mempunyai layanan yang sama namun berbeda dalam hal kapasitas, kualitas dan kuantitas nya.

Antara perusahaan yang satu dengan perusahaan lain pasti memiliki perbedaan dalam satu layanan yang sama. Contoh, dari segi uptime, Perusahaan A menawarkan waktu UPTIME 98% dan perusahaan B menawarkan waktu Uptime 99%. Anda pilih mana? Pasti perusahaan B yang anda pilih

Jenis layanan ini yang membuat kita bimbang, mau pilih A karena menawarkan Space yang besar dengan harga murah tapi perusahaan B menawarkan space besar dan harga lebih murah.

Pilih A atau B?
Pilihan anda jatuh pada B. Baiklah saya akan memberi tahu anda, mungkin saja ada barang yang bagus dengan harga murah akan tetapi apakah yang murah itu bagus?

Bisa ya bisa juga tidak. lihat layanan lain yang ditawarkan atau lihat juga apakah itu normal

Maksud saya begini, ketika ada seseorang yang menawarkan laptop kepada anda dengan harga murah dan mengatakan kepada anda bahwa ini adalah laptop mahal dan saya jual murah. Anda akan membelinya?

Dari mana laptop itu berasal? Blackmarket atau apakah laptop itu bergaransi? Mungkin tidak dan mereka hanya menawarkan sekilas kepada anda.

Ketika anda akan mengajukan komplain, kepada siapa anda akan mengajukannya? Toh penjual laptop itu sudah pergi dan hanya sekali menemui anda.

Disini anda harus cerdas, karena tidak mungkin harga murah berkualitas. Pilih lah yang masuk akal menurut anda dan ini merupakan tips memilih hosting yang cerdas menurut saya.

Support yang ditawarkan

Saya sendiri lebih memilih perusahaan yang support 24/7. Jika tidak ada yang tidak akan memilihnya. Kenapa? Sederhana saja, ketika saya membutuhkan sesuatu atau akan bertanya sesuatu ternyata tim support dan CS nya sedang offline mungkin saya akan bertanya kepada tukang bakso atau tukang siomay yang lewat depan rumah saya. tentu tidak

Oh ya, apakah anda tahu arti 24/7?
Mungkin ketika saya bertanya kepada anak SMP mereka akan menjawab 24/7 adalah pecahan. Tetapi ketika saya bertanya kepada anda apa itu 24/7? Anda jawab apa?

Saya akan memberikan gambaran.
Dalam satu hari ada berapa jam?
Dalam satu minggu ada berapa hari?

Jawaban yang pertama adalah 24 dan jawaban yang kedua adalah 7 jadi sekarang anda faham arti 24/7.

Support 24/7 adalah layanan yang diberikan oleh perusahaan hosting untuk selalu stand by selama 24 jam dalam sehari dan tidak ada waktu offline.

Itu artinya, ketika anda membutuhkan mereka pada hari libur mereka siap untuk melayani dan menjawab keluhan anda.

Tidak cukup sampai disitu, saya juga memilih customer service yang cantik dan tim support yang cepat tanggap. Response cepat dan jawaban tepat layak anda pertimbangkan.

Memilih Lokasi Server yang cocok untuk Website

Kenali dulu website anda dan lihat pada dashboard analytics darimana kebanyakan pengunjung website anda. Apakah indonesia, lingkup asia, atau global?

Setelah anda tahu, tentukan lokasi server yang anda inginkan.

Jika anda masih bingung untuk menentukan server yang cocok untuk anda. Silahkan baca tips memilih server dibawah

Pengunjung Blog anda dari Indonesia

Pilih lokasi server indonesia karena logikanya website anda akan lebih cepat diakses dari IP yang berasal dari indonesia. IIX ( Indonesia Internet Exchange) istilah untuk lokasi server yang ada di Indonesia.

Jika anda pemain toko online dengan market indonesia anda bisa memilih server indonesia karena website anda akan mudah diakses dari indonesia.

Pengunjung Blog anda dari ASIA

Wah mas gan, blog saya pengunjungnya berasal dari berbagai negara terutama di Asia, server apa yang cocok? pilih Japan atau Singapura.

Kenapa pilih server Jepang atau Singapura?
Begini penjelasannya. Server jepang atau Singapura (SG ) akan stabil jika dakses dari berbagai negara di ASIA dan juga sebagai jembatan untuk server US.

Tambahan, jika pengunjung website anda dominan dari Asia Tenggara saya sarankan pilih server Singapura.

Pengunjung Website Global

Dalam ruang lingkup yang lebih luas, anda wajib memilih server yang berlokasi dari US misalnya Dallas atau yang lainnya.

Kenapa? Jika pengunjung website anda berasal dari Eropa atau Amerika, memilih lokasi server US merupakan pilihan tepat karena website anda akan cepat dan mudah untuk diakses dari lokasi tersebut.

Selain itu, dalam hal SEO server US lebih unggul karena website crawler seperti Google, Yahoo!, dan MSN akan lebih cepat merayapi website anda dan hal ini dikarenakan lokasi server yang sama.

Lalu, bagaimana dengan lokasi server asia? Jangan khawatir, silahkan submit website anda untuk meminta mereka merayapi website anda.

Jaminan Keamanan Website

Keamanan merupakan faktor yang harus pula anda pertimbangkan. Anda tentu tidak ingin kehilangan website anda begitu saja. Bagaimana kalau seandainya secara tiba-tiba website anda diambil paksa oleh orang yang tidak bertanggung jawab? anda hanya akan menangisinya.

Jadi, keamanan website harus benar-benar terjamin. Jika anda menggunakan layanan Dedicated Server, ini bukan masalah serius bagi anda. Pengguna layanan VPS dan Shared Hosting? Pertimbangkan baik-baik Security Factor

Layanan apa yang cocok untuk kemanan website?
Anda mungkin tahu HTTPS dan SSL? Pilihlah penyedia hosting yang menyediakan layanan keamanan secara cuma-cuma. Bagi pengguna hosting blogger, ini juga bukan masalah yang serius karena anda bisa memasang SSL atau HTTPS pada custom domain blog anda.

Nah, bagaimana seandainya jika jika perusahaan penyedia hosting tidak menyediakan SSL atau HTTPS secara gratis, anda bisa mendapatkan sertifikat SSL gratis dan bisa anda upload ke cpanel.

Jangan berhenti hanya sebatas pada SSL saja, ada hal lain yang lebih penting yaitu apakah layanan hosting yang anda pilih menyediakan fasilitas Cloud Backup atau tidak.

Cloud Backup berguna untuk menjaga data penting anda. Lihat juga apakah menyediakan layanan cloudflare railgun atau tidak.
Untuk itu, tips memilih hosting yang baik adalah jaminan keamanan untuk website dan data anda.

Hak Ases atau Kontrol Atas Hosting

Tips memilih hosting yang selanjutnya adalah hak akses atas hosting yang telah anda sewa. Pastikan anda diberi kemudahan untuk mengakses semua yang dibutuhkan untuk pengembangan website anda.

Hak akses apa saja yang anda butuhkan?
Jika ada penyedia hosting yang membatasi anda dalam melakukan akses pada website anda. Fikir ulang seribu kali sebelum anda membelinya. Pastikan anda punya hak untuk
  1. Hak Akses atas DNS
  2. Hak Akses atas CPANEL
  3. Hak Akses atas SUBDOMAIN
  4. Hak Akses untuk memindahkan hosting atau transfer domain

Jika suatu saat anda mengalami kendala dan ingin memindahkan hosting atau anda kurang puas atas layanannya anda diberi kebebasan untuk memindahkan hosting anda.

Anda bisa migrasi secara bebas dan sesuka hati anda. Bicara soal migrasi, anda patut membaca cara migrasi dari blogger ke wordpress self hosted

Mungkin cukup sekian tips memilih hosting yang bisa saya sampaikan, jika ada pertanyaan silahkan diskusikan saja dibawah. Harapan saya, semoga tips memilih hosting yang saya berikan ini dapat membantu anda dalam memilih layanan yang tepat. Saya berbagi karena pengalaman karena sharing is sexy
Hedi
Hedi Writer, Blogger, Gamer and Data Analyst yang bekerja dengan hati untuk pemirsa dalam negeri

Tidak ada komentar untuk "Tips Memilih Hosting Yang Kredibel"