Ini Dia Pengertian Administrasi
Alhamdulillah, ternyata Allah telah memberi banyak kesempatan kepada saya untuk terus berbagi meski hanya lewat tulisan sederhana ini yaitu tentang Administrasi atau manajemen.
Tulisan tentang Pengantar Ilmu Administrasi mungkin sudah ada milyaran di jagat maya ini, namun tak ada salahnya jika saya mengulas kembali atau juga memaparkan kembali apa yang sudah orang jelaskan dengan tujuan untuk memperjelas apa yang kurang atau mungkin juga tidak jelas.
Daftar Isi
- Asal Usul Administrasi
- Pengertian Administrasi
- Penutup
Dari Segi Etimologis, administrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu Administrare artinya melayani, membantu. Sedangkan dalam bahasa Inggris menggunakan istilah Administration, dengan asal kata Ad (Intensif) dan ministrare (to serve) yang berarti melayani dan artinya menjadi melayani dengan baik
Pengertian Administrasi
Dalam ilmu administrasi ada dua pengertian yaitu Administrasi dalam arti sempit dan Administrasi dalam arti luas.
Administrasi dalam arti sempit bisa diartikan sebagai berikut :
- Administratie ( dalam bahasa Belanda ) diartikan sebagai Pekerjaan tulis menulis ( Baca Juga: Pengertian Hakikat Menulis) Ketatausahaan/Kesekretarisan, Yaitu berkaitan dengan : Kegiatan menerima, mencatat menghimpun, mengolah, menggandakan, mengirim, menyimpan dan lain – lain.
- The Liang Gie memberikan pengertian Administrasi sebagai kegiatan pencatatan keterangan tertulis.
- Tjeng Bing Tie. Mengartikan Administrasi sebagai pencatatan dan pemberian bahan bahan yang diperlukan untuk pelaksanaan pimpinan.
- Van der Schroeff. Administrasi merupakan seluruh himpunan catatan catatan mengenai perusahaan dan peristiwa peristiwa perusahaan untuk keperluan pimpinan dan penyelenggara perusahaan
- Kamus Umum Bahasa Indonesia Poerwadarminta. Penyelenggaraan urusan tulis menulis dalam perusahaan
- Dephankam. Tata Usaha / Clerical Work
- Miftah Thoha. Pekerjaan kertas/paper work atau pekerjaan tulis menulis
- Soedjadi. Pekerjaan kesekretarisan dan ketatausahaan/secretarial and clerical work
Administrasi dalam arti luas dipandang dari berbagai sudut atau fungsinya yaitu :
- Sudut Proses. Administrasi merupakan proses kegiatan pemikiran, penentuan tujuan, sampai pelaksanaan kerja hingga akhirnya tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai.
- Sudut Fungsi. Administrasi merupakan kegiatan yang dilakukan sekelompok individu maupun individu itu sendiri sesuai dengan fungsi yang telah dilimpahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
- Sudut Institusional. Administrasi merupakan personil personil baik individu maupun kelompok individu yang menjalankan kegiatan untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya. Personilnya antara lain Administrator, Manajer, Staff/Asisten dan Worker ( Pekerja )
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa :
- Administrasi mempunyai dua pengertian yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas.
- Administrasi berasal dari bahasa yunani yaitu ADMINISTRARE yang artinya melayani atau membantu.
- Administrasi merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan tulis menulis atau ketatausahaan untuk mencapai tujuan tertentu.
- Administrasi dipandang dari tiga sudut yaitu Sudut Proses, Fungsi dan Institusional ( Kelembagaan ).
Tidak ada komentar untuk "Ini Dia Pengertian Administrasi"
Posting Komentar