Cara Jitu Mengatur Ukuran Kertas F4 Microsoft Excel
Cara Jitu Mengatur Ukuran Kertas F4 Microsoft Excel – Berawal dari pengalaman, saya sering sekali menemukan kasus-kasus dalam suatu institusi dimana sebagian staf atau pekerja Administrasinya kurang memahami Microsoft Excel terutama dalam mengatur posisi kertas yang digunakan.
Untuk memberikan solusi dalam penyelesaian pengaturan kertas ini, saya menyediaikan Tips bagi Anda yang belum memahaminya.
Dalam program Microsoft Excel, F4 tidak ada dalam menu page layout, ini disebabkan karena standarisasi untuk kertas yang berlaku di USA adalah Letters. Berbeda dengan Indonesia yang kebanyakan lembaganya menggunakan F4 sebagai dasar dalam laporan administrasinya. Meskipun itu bukan suatu keharusan, karena saya sendiri menggunakan kertas A4 untuk melaporkan kegiatan saya.
Kertas yang digunakan secara standar dibuat dalam ukuran seri tertentu, seperti kertas ukuran Seri A, Seri B dan Seri C. Untuk ukuran kertas Seri A biasnya digunakan untuk keperluan pencetakan, termasuk perlengkapan kantor dan penerbitan (lebih jelasnya kita akan bahas kemudian)
Kembali kepada topic awal yaitu “Cara Jitu Mengatur Ukuran Kertas F4 pada Microsoft Excel” silahkan Anda ikuti instruksi saya dibawah ini. Sengaja saya juga menyajikan beserta gambarnya.
Ikuti Langkah- Langkahnya [untuk versi video silahkan klik tautan ini : Watch Here
Buka Microsoft Excel Anda, pada menu page layot pilih size dan pada bagian bawah terdapat pilihan More Paper Size
Klik pada pilihan tersebut dan selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini
Selanjutnya pilih Options, kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah
Pada bagian kanan bawah terdapat pilihan Printer Paper Size, klik untuk memuculkan kotak dialog berikutnya
Pilih Custom, dan selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan ukuran kertas secara manual
Pada kolom Height terdapat number value ukuran kertas tersebut adalah 11 Inchi
sekarang anda dapat mengubah ukuran tersebut agar sesuai dengan kertas F4,
Berilah nulai 13 Inchi dan kemudian Klik OK
Kemudian langkah selanjutnya Anda tinggal mengetik laporan Anda, apakah yang ingin Anda buat, tanpa perlu setting kertas lagi kalau anda mau print out lembar kerja Anda
Bagaimana? Mudahkan? untuk lebih jelasnya saya telah membuat tutorial dalam format video, Anda bisa melihat tutorial tersebut dengan mengikuti tautan ini Tonton Videonya Disini
Ok, Selamat menikmati.
nice post gan,, like it
BalasHapus